Bank Riau Kepri Gelar UMKM Award ke-6

26 Oct 2014

Pekanbaru, Zamrudtv– Bank RiauKepri Kembali menggelar UMKM Award ke-6 pada hari selasa malam besok (21/10). 15 Peserta dari 164 UMKM bakal mendapatkan penghargaan dari 3 kategori. Seperti tahun-tahun sebelumnya, tahun ini, UMKM-UMKM berprestasi binaan bank Riau kepri kembali di seleksi oleh seluruh kantor cabang, hingga kedai Bank Riau Kepri.

Menurut Direktur Kredit dan Syariah Bank Riau kepri, Afrial Senin (20/10/14), kegiatan pemberian penghargaan kepada UMKM berprestasi ini merupakan komitment Bank Riau kepri terhadap kemajuan usaha kecil dan mikro di Riau sekaligus membantu pemerintah dalam pertumbuhan perekonomian Riau.

“Penghargaan berupa award ini merupakan komitment Bank Riau Kepri dalam membantu pemerintah untuk melakukan pembinaan dan pendampingan terhadap UMKM di Riau. Kita berharap ke depan, kegiatan pemberian award untuk UMKM di Riau akan lebih baik lagi,” terangnya.

Ia menambahkan, tahun ini, penjurian akan dilakukan oleh 3 tokoh ekonomi terpilih. Yaitu Kadiskop dan UKM Riau, Indra Bangsawan, Ketua Iwapi Riau, Irma Hafida Rachman dan dari akademisi, Arief.

Sementara, Ketua Juri UMKM Award 2014, Raja Indra Bangsawan mengatakan bahwa kegiatan penjurian diawali pada Juli lalu. Seluruh kantor cabang hingga kedai Bank Riau Kepri mengusulkan UMKM binaannya untuk dinilai oleh juri.

Kemudian, tambah Indra Bangsawan, dari sekian ratus usulan UMKM yang masuk ke dewan juri, akhirnya diseleksidan terjaringlah 164 UMKM untuk bertarung di tingkat selanjutnya.

“Setelah dilakukan seleksi administratif, dari 164 UMKM yang lolos babak awal, terpilih 60 UMKM yang masuk ke level selanjutnya. Memasuki babap semifinal, tim juri kemudian turun langsung ke lapangan untuk melihat secara langsung operasional dan manajemen serta progres usaha UMKM. Setekah usai, maka tersaringlah 30 UMKM untuk masuk babak final yang akan dilaksanakan besok malam,” terangnya.

Dari 30 UMKM yang masuk babak final, menurut Indra Bangsawan akan dipilih 5 pemenang (juara I hingga juara harapan II) di setiap kategori. Ada 3 kategori yang ada. Yaitu kategori mikro, kecil jasa dan kecil jasa dan perdagangan.

Sementara, Irma Hafiza Rahman mengatakan bahwa kegiatan pemberian penghargaan kepada UMKM di Riau oleh bank Riau Kepri dianggap sebuah upaya untuk memperkuat pondasi UMKM Riau. Pasalnya, dengan pelaksanaan Masyarakat Ekonomi Asia (MRA) 2015 mendatang, persaingan dunia usaha sangat ketat.

“Menghadapi MEA 2013 mendatang, UMKM binaan Bank Riau Kepri diharapkan akan mampu bersaing dengan serbuan dunia usaha dari luar. Karena antara dunia usaha, UMKM dan perbankan sangat erat kaitannya. Terutama dalam pengalokasian pinjaman modal untuk memperkuat usaha. Diharapkan bank Riau ke depan dapat memberikan yang lebih kepada UMKM dan dunia usaha,” terang Irma.

Sementara, Kepala Devisi Konsumer dan Mikro Bank Riau Kepri, aswizar Hendri mengatakan untuk tahun ini, hadiah sebagai bentuk apresiasi Bank Riau Kepri terhadap UMKM berprestasi meningkat dibandingkan tahun lalu. Peningkatan tidak terlalu banyak karena memang pemberian award bukanlah terfokus pada jumlah hadiahnya, melainkan masalah pembinaan UMKM tersebut.

“Untuk usaha kecil, hadiah yang diberikan adalah juara I Rp12,5 juta, juara II Rp10 juta, Juara III Rp7,5 juta, Juara harapan I Rp6,5 dan juara harapan II Rp5 juta. Sedangkan untuk level usaha mikro, juara I sebesar Rp10 juta, juara II Rp7,5 juta, juara III Rp5 juta, juara harapan I Rp4,5 juta dan juara harapan II Rp4 juta,” terangnya.(Tim/ZamrudTV.com)


TAGS


Comment
-

Author

Follow Me