Populasi Gajah di Balai Raja Terus Menyusut

12 Jun 2014

Mandau, Zamrudtv — Populasi gajah di kantong gajah Balai Raja, Kabupaten Bengkalis terus menyusut. Balai Besar Konversi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau merilis, populasi gajah di wilayah itu tinggal 23 ekor. Padahal data tahun 2010, masih ada 44 ekor.

Himpunan Penggiat Alam (Hipam) Duri-Riau merasa prihatin dengan terus menyusutnya populasi gajah tersebut. Untuk itu, kelompok pencinta alam dan lingkungan itu meminta Bupati bisa mencari solusinya.

Menurut Ketua Hipam, Khalid Riandi menyebutkan penyusutan drastis jumlah gajah di kantong Balai Raja sungguh sangat merisau. Jika tidak cepat diambil tindakan penyelamatan, Hipam khawatir gajah di kantong Balai Raja bakal segera punah.

Laporan terbaru menyebutkan jumlah gajah itu kini menyusut menjadi 23 ekor. Hitungan kami beberapa hari lalu, rombongan gajah yang melintas di dekat Jalan Siak, Duri ada 18 ekor. Lima lagi dikabarkan memisah ke Rohil. Ini sudah lampu merah, bahkan sudah diatas itu, ujar Riandi.

Untuk itu Hipam akan mendesak Bupati Bengkalis mencari solusi konkrit agar populasi gajah di negeri ini terselamatkan dan masyarakat setempat pun tak dirugikan.

Ditambahkannya, dalam beberapa hari belakangan, belasan personil Hipam juga aktif memantau pergerakan gajah di Duri. Selain Khalid Riandi, Husni Syukri, Doni Syah, dan Muhammad Arif, juga turun sejumlah anggota Hipam lain. Diantaranya, Rio, Ade, Atta, Rina, Toyes, dan Toni. (tim/zamrudtv.com)


TAGS


-

Author

Follow Me